Perbedaan Hepatitis A, B, dan C

Hepatitis virus memang merupakan penyakit hati yang banyak ditemukan di dunia, lebih banyak di Indonesia dibandingkan dengan angka kejadian di Amerika atau Eropa. Sesuai dengan namanya, penyebabnya adalah virus yang menyerang hati. Ada lima jenis virus hepatitis yaitu virus hepatitis A (HAV), virus hepatitis B (HBV), virus hepatitis C (HCV), virus hepatitis D (HDV), dan virus hepatitis E (HEV). Yang banyak ditemukan di Indonesia adalah virus hepatitis A, virus hepatitis B, dan virus hepatitis C.

Virus hepatitis A berbeda dengan virus hepatitis B dan C. Cara penularan virus hepatitis A adalah melalui saluran cerna. Artinya penyebarannya dapat melalui makanan atau minuman/air yang terkontaminasi virus. Sementara cara penularan virus hepatitis B melalui transfusi darah dan hubungan seksual. Sedangkan virus hepatitis C terutama ditularkan melalui jarum suntik pengguna narkotika dan transfusi darah. Dari penelitian tidak terbukti adanya penularan dari ibu ke janin pada infeksi HAV, namun pada infeksi HBV dan HCV dapat terjadi.

Masa inkubasi (waktu yang dibutuhkan dari saat virus pertama kali masuk ke badan hingga timbul gejala penyakit) pun berbeda. Virus hepatitis A mempunyai masa inkubasi yang lebih pendek, sekitar 15 hari, sedangkan virus hepatitis B dan C lebih panjang (rata-rata sekitar 50 - 90 hari).

Gejala hepatitis virus bervariasi, mulai dari yang tanpa gejala, infeksi ringan sampai sedang, hingga kondisi yang fatal sehingga terjadi gagal hati akut. Rasa lelah, mual, muntah, tidak nafsu makan dan gejala seperti flu adalah gejala-gejala klinis yang sering dijumpai pada sebagian besar kasus di awal infeksi.

Pada beberapa kasus selanjutnya dapat timbul kuning di mata dan kulit (ikterus). Ikterus infeksi hepatitis A sering kali tampak lebih hebat. Bila diperiksakan kadar SGOT, SGPT dan bilirubin darah akan meningkat jauh lebih tinggi dibandingkan HBV dan HCV.

Sebagian kasus hepatitis virus akan sembuh spontan, pada hepatitis A kesembuhan mendekati 100 persen. Dalam perkembangan penyakitnya, hepatitis A tidak akan menyebabkan penyakit yang bersifat menahun di kemudian hari. Demikian pula risiko komplikasi yang berat, hampir tidak ada. Untuk itu, memang sebagian besar pasien hepatitis A boleh istirahat di rumah guna memulihkan kondisinya. Rawat inap dilakukan bila pasien mengalami mual dan muntah yang hebat sehingga terjadi kekurangan cairan atau mata kuning sekali atau ada tanda-tanda gagal hati, yang amat jarang terjadi.

Hal yang harus dilakukan selama perawatan di rumah adalah mempertahankan asupan kalori dan cairan dalam jumlah yang cukup, kurangi aktivitas fisik yang berlebihan dan istirahat. Tidak ada obat spesifik untuk infeksi hepatitis A ini, bahkan konsumsi obat-obatan yang tidak perlu harus dihentikan.

Hal ini berbeda dengan hepatitis B dan C. Walaupun di awal penyakit cukup banyak pasien yang tanpa gejala dan seolah sembuh spontan, namun untuk jangka panjang hepatitis B dan hepatitis C dapat berkembang menjadi penyakit kronis yaitu bila keberadaan virus dalam darah lebih dari enam bulan. Hal lain yang dikhawatirkan adalah infeksi yang kronis ini dalam beberapa tahun kemudian dapat berkembang menjadi penyakit hati menahun yang disebut sirosis hati dan kanker hati.

Comments

  1. My Name Is Steve Afford And I Have Being Experiencing Pains And Constant Headaches . At First I Thought It Was A Mild Symptoms Of Tiredness And Stress It Persisted For A While Up until I Couldn't Be Able To Bare It Anymore. There After I had To Meet My Doctor for Enquirers and Solutions. My Greatest Surprise Was When The Results Came Out And I Found Out That I have Been Infected with Hepatitis (HBV) . I Had A Meeting With My Doctor To Find Out On How I Could Be Cured and i Was Told There Is No Cure To It . It Took Me One Month To Comprehend Or Understand What Was Going On With Me But I Had A Believe In My Faith And Keep Hoping For a Better Solution . I Went To Several Hospitals Seeking Medication And Help But All Turned Out To Say The Same Outcome That There is " No Cure ". One day I Was Searching Online Magazines For My Cousins Wedding Gown, As I Came Across A Page Of Testimonies And Articles About A Herbal Medication For Hepatitis B Virus And Testimonies On How The Medication Has Help Out a lot Of People .

    Immediately I Email The Clinic Or The Hospital Called " Medication Clinic " , And Immediately I Was Attended To You , I Immediately Order My Own Package Of My Herbal Prescribed Medication Which Only Took About 2Days To Be Delivered to My House Address. At First When I Received My Herbal Medication I Was Scarred To Drink It But My Life Depended On It So I Had No Choice I Had To Save My Life . Right Now Im Super Excited To Say , This Is Making It The 5th Month After Drinking The Medication . Now I Am Fine, I Don't Suffer From Any Pains And Headaches Anymore . I Recently Went To See My Doctor About My Health Status I Was Told I'm totally fine , and that the blood Clotting, Blood Pressure, My Immune System And My Health Are All Fine . All Thanks To Doctor Carly and the Medication Clinic In General .

    If There Is Anyone Passing Through This Kind Of Life dreading Disease Or Circumstance , Please Hurry Up To Medication Clinic For Better Treatment And Inquiries .

    Here Is The Contact Details Medicationclinic@gmail.Com

    ReplyDelete

Post a Comment