Wednesday, March 9, 2011

Pelatihan Jabfung Epidemiolog Ahli di BBPK Makassar

Bbpk Makassar
BBPK Makassar

Upaya peningkatan profesionalisme sumber daya manusia kesehatan untuk menyelenggarakan pelayanan kesehatan profesional yang bermutu dan terjangkau bagi seluruh masyarakat, memerlukan adanya tenaga kesehatan yang ditugaskan secara penuh untuk melaksanakan kegiatan pengamatan, pengawasan, dan pemberdayaan masyarakat di bidang epidemiologi kesehatan secara profesional.

Jabatan fungsional epidemiologi kesehatan sebagai pembinaan karier kepangkatan, jabatan, dan peningkatan profesionalisme telah terwujud dengan adanya Keputusan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara Nomor 17/KEP/M.Pan/11/2000 tentang Jabatan Fungsional Epidemiologi Kesehatan dan Angka Kreditnya, yang terdiri dari Epidemiologi Terampil dan epidemiologi Ahli.

Epidemiologi Ahli adalah jabatan fungsional epidemiologi kesehatan keahlian yang pelaksanaan tugasnya meliputi kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan pengetahuan, penerapan konsep dan teori, ilmu dan seni untuk memecahkan masalah dan pemberian pengajaran dengan cara yang sistematis di bidang epidemiologi kesehatan.



Salah satu persyaratan dalam pengangkatan ke dalam jabatan fungsional epidemiologi adalah melalui pendidikan dan pelatihan bagi tenaga fungsional di bidang epidemiologi sesuai kompetensi masing-masing dengan tujuan untuk mempersiapkan tenaga tersebut melaksanakan tugasnya sebagai pemegang jabatan fungsional epidemiologi kesehatan.
Sehubungan dengan hal tersebut, maka Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Makassar (dahulu Bapelkes Makassar) telah menyelenggarakan pelatihan jabatan fungsional epidemiologi kesehatan ahli (yang saya ikuti) pada tanggal 31 Januari 2011 sampai 9 Februari 2011 di Gedung BBPK Makassar.

Setelah mengikuti pelatihan ini, (diharapkan saya sebagai) profesional epidemiologi mampu melaksanakan tugas dan fungsional sebagai tenaga Fungsional Epidemiologi Ahli. Untuk mendukung tujuan tersebut, maka disajikan mata pelajaran :

Materi Dasar
  1. Perundang-undangan bidang kesehatan
  2. Jabatan fungsional epidemiologi
  3. Dasar-dasar epidemiologi

Materi Inti
  1. Persiapan pelaksanaan kegiatan epidemiologi
  2. Pengamatan epidemiologi
  3. Penyelidikan epidemiologi
  4. Pencegahan dan pemberantasan penyakit
  5. Pemberdayaan masyarakat
  6. Penyusunan karya tulis ilmiah
  7. Teknik menerjemahkan
  8. Penyusunan pedoman/ juklak/ juknis
  9. Pengembangan teknologi tepat guna

Materi penunjang
  1. Building Learning Commitment (BLC)
  2. Building Self Commitment (BSC)
  3. Penyusunan DUPAK/ perhitungan angka kredit
  4. Pengalaman sebagai pejabat fungsional epidemiologi

Syarat menjadi peserta Jabfung Epidemiologi Ahli ini adalah :
  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  2. Pendidikan minimal Sarjana/ Diploma IV Kesehatan
  3. Pangkat minimal Penata Muda, golongan III/a
  4. Rekomendasi atasan
Peserta pelatihan ini berasal dari berbagai daerah khususnya Indonesia Timur. Sumber dana pelatihan ini berasal dari peserta pelatihan (swadana).

Banyak Ilmu dan Pengalaman baru yang saya dapatkan dari pelatihan ini, beberapa diantaranya yang berkesan adalah

Teman Baru
Para peserta yang dari berbagai daerah di Indonesia saling menjalin silaturrahmi, yang sebelumnya tidak saling kenal jadi saling kenal bahkan akrab seperti saudara sendiri dengan beragam karakter.

Kultum
Setiap hari ba’da shalat Dzuhur dan Ashar berjamaah selama pelatihan diadakan Kultum (kuliah tujuh menit) oleh peserta pelatihan secara bergantian. Termasuk saya yang membawakan kultum mengenai “Macam-macam Manusia” pada hari Sabtu. Ini adalah pengalaman pertama saya membawakan kultum, agak gugup tapi untunglah jamaah Shalat Ashar hari itu tidak banyak karena hujan deras.

Motivasi
Saya menjadi lebih termotivasi bekerja lebih giat dan cerdas setelah mengikuti pelatihan. Setiap tetes keringat kita dalam bekerja akan dihargai (dengan Angka Kredit).

Peserta terbaik ?
Inilah yang paling tidak saya sangka. Sewaktu penutupan pelatihan, nama saya disebutkan sebagai peserta terbaik. Walhasil, seantero auditorium BBPK pun melihat saya dan sebuah buku motivasi menjadi hadiah dari Master of Training (MOT), ibu Sahruni, SKM, M.Kes. Entah apa standar penilaiannya, namun terus terang saya sangat senang meraih gelar peserta terbaik karena makin memotivasi saya. Terima Kasih untuk bu Sahruni (MOT), panitia, dan seluruh peserta.


Sertifikat dan Hadiah  Inilah hasil dari 10 hari terakhir ini. Semoga bermanfaat.
Sertifikat dan Hadiah Peserta "Terbaik"

Itulah catatan singkat saya mengenai pelatihan Jabfung Epid ini. Bagi teman-teman yang belum sempat ikut dan berniat ikut, hubungi BBPK Makassar (Jl. Moha No.59, Antang, Makassar. Telp. 0411-491987, fax. 0411-491046) untuk informasi pelatihan Jabfung Epid selanjutnya. Dari informasi awal yang saya dapatkan, kemungkinan pelatihan Jabfung Epid akan dilaksanakan lagi pada bulan September 2011.

No comments:

Post a Comment