Situs SKDR yang Bisa Diakses



SKDR (Sistem Kewasapadaan Dini dan Respon) adalah suatu sistem yang dapat memantau perkembangan trend suatu penyakit menular potensial KLB/wabah dari waktu ke waktu (periode mingguan) dan memberikan sinyal peringatan (alert) kepada pengelola program bila kasus tersebut melebihi nilai ambang batasnya sehingga mendorong program untuk melakukan respons.



Alert atau signal yang muncul pada sistem bukan berarti sudah terjadi KLB tetapi merupakan pra-KLB yang mengharuskan petugas untuk melakukan respons cepat agar tidak terjadi KLB.

Hal ini menjadikan SKDR sebagai sistem yang sangat penting dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyakit menular. Ada 23 kasus penyakit/gejala yang ada dalam SKDR. Situs SKDR ada di skdr.surveilans.org

Situs SKDR awalnya bisa diakses oleh khalayak umum, namun belakangan dibatasi hanya dapat diakses oleh petugas surveilans di tingkat kabupaten, provinsi, dan pusat dengan memberi username dan password pada masing-masing kabupaten/kota.

Hal ini dikarenakan kekhawatiran situs ini dibuka dan di hack datanya oleh orang yang tidak bertanggung jawab, yang menyebabkan data di situs SKDR berganti atau bahkan rusak. Hal ini berakibat terbatasnya akses informasi ke situs tersebut yang notabene bertujuan memberi akses informasi tak terbatas bagi masyarakat umum.

Selain itu, masalah yang cukup merepotkan petugas surveilans adalah tidak bisa teraksesnya situs SKDR dalam menu login pada dua atau lebih admin yang login pada satu waktu. Yang berakibat terbatasnya akses situs oleh dua atau lebih petugas surveilans dalam waktu bersamaan. Tentunya ini berlaku bagi kabupaten/kota yang mempunyai lebih dari satu petugas surveilans.

Untuk itu, demi menjembatani kebutuhan akses data secara umum dengan keamanan data, silahkan buka di http://skdr.surveilans.org/home/alert/26 tanpa proses login, akan mengarah ke alert/peringatan dini tiap-tiap provinsi. Untuk sementara (sepertinya) baru alert yang dapat terakses. Hal lain seperti ketepatan-kelengkapan laporan dan tren penyakit belum bisa terakses (ataukah saya yang kurang update informasi? Entahlah).

Selamat mencoba.

Comments

  1. SISTIM YANG BAGUS BANGET...TP BAGAAIMANA MUNGKIN KOK SEPI PENGUNJUNG SITUS INI YAAAA...

    ReplyDelete

Post a Comment